Tentang ReadPublik

TENTANG READPUBLIK

ReadPublik

 

ReadPublik adalah gerakan literasi berbasis komunitas yang dipelopori oleh anak-anak muda Makassar. Karena gerakan ini berbasis komunitas sehingga lebih dikenal dengan nama Komunitas ReadPublik (ReadPublik Community).

Nama ReadPublik diambil dari sebuah karya monumental Plato yang berjudul Republik (Yunani: Πολιτεία Politeia) Selain karena karya Plato tersebut, juga dikarenakan bentuk negara kita tercinta ini merupakan bentuk negara Republik. Dari dua jenis kata Republik inilah yang kemudian diplesetkan menjadi kata ReadPublik.

ReadPublik terdiri dari dua kata yakni Read dan Publik. Kata Read berasal dari bahasa Inggris yang berarti baca; membaca. Sedangkan kata Publik berasal dari bahasa Indonesia yang berarti orang banyak; khalayak.

Sehingga dari dua kata tersebut dapat dipahami bahwa Komunitas ReadPublik merupakan sebuah komunitas literasi yang bergerak untuk orang banyak atau dengan tagline komunitas “Gerakan Membaca Untuk Indonesiaku”.

Komunitas Baca ReadPublik memiliki taman baca yang bebas bagi siapa saja dan gratis. Taman Baca ini bisa ditemukan di Jalan Toddopuli 22, Blok 35, No. 101. Kecamatan Manggala Kota Makassar 90234.

Komunitas ReadPublik memiliki situs web yang dijadikan sebagai taman baca daring (https://readpublik.com). Taman baca daring inilah yang menjadi tempat penyaluran gagasan dan unek-unek teman-teman di Komunitas ReadPublik.

Selain itu, media taman baca ini juga diharapkan dapat menyajikan bacaan-bacaan berkualitas pencerah mata publik dari calon penulis muda yang meskipun masih pemula.

Visi dari Komunitas ReadPublik adalah menjadikan komunitas sebagai wadah penyebaran virus literasi melalui asas-asas altruis dan solidaritas.

Adapun beberapa misi yang dibuat dalam bentuk program kegiatan di antaranya: Jumatan dan Ajakan Baca, Selebaran Pencerah (Zine), Kunjungan Kampus (Visiting to Campuss), Pengkajian (Dialog atau Bincang-Bincang), dan Perpustakaan Alam (Writer Camp).

Untuk sementara ini, kegiatan Komunitas ReadPublik yang berjalan dengan rutin adalah Jumatan Baca dan Pengkajian (Dialog/Bincang-Bincang). Jumatan Baca secara rutin setiap Jum’at digelar di Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik sedangkan Ajakan Baca digelar rutin setiap Kamis di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Dan beberapa fakultas lainnya. Sedangkan kegiatan Kunjungan Kampus (Visitting to Campuss) dilakukan sekali dalam dua pekan.

Untuk Selebaran Pencerah (Zine) akan launching awal tahun depan. Dan Perpustakan Alam (Writer Camp) digelar sekali dalam enam bulan (per semester).

Ayo gabung di Komunitas ReadPublik. Menebar kasih melalui literasi!

Anda juga bisa mengirimkan karya Anda di taman baca daring ini dengan mengirimkan karya tulis ini ke email :

  • redaksi@readpublik.com

Sebelum Anda menulis atau mengirimkan tulisan, sebaiknya baca dulu panduan tentang cara menulis dan mengirim tulisan di ReadPublik. Baca di sini.